wellcome

WELLCOME IN MY BLOG

Kamis, 22 Desember 2011

Esophageal Varices

Varises Esofagus

Definisi
Esofagus merupakan salah satu alat pencernaan bagian atas yang menghubungkan mulut/kerongkongan dengan lambung. Varises esofagus adalah varises atau kelainan pembuluh darah vena yang ditandai dengan pembesaran abnormal pembuluh darah vena di esophagus distal yang berbatasan langsung dengan lambung.

Patofisiologi
Varises esofagus terjadi sebagai akibat komplikasi dari terhambatnya aliran darah vena portal menuju hati.. Aliran tersebut akan mencari jalan lain, yaitu ke pembuluh darah di esofagus, lambung, atau rektum yang lebih kecil dan lebih mudah pecah. Tidak imbangnya antara tekanan aliran darah dengan kemampuan pembuluh darah mengakibatkan pembesaran pembuluh darah (varises).

Gejala dan Tanda:
Varises esofagus biasanya tidak menunjukkan gejala yang khas pada pasien, kecuali jika sudah terjadi ruptur pembuluh darah tersebut dan perdarahan. Adapun gejala-gejala yang tampak akibat perdarahan esofagus adalah :
1.      Muntah darah atau seperti kopi/air daging
2.      Tinja hitam seperti aspal
3.      Kencing menjadi sedikit
4.      Sangat haus
5.      Pusing
6.      Syok

Penyebab dan komplikasi
Varises esofagus biasanya disebabkan oleh beberapa penyakit seperti:
1.      Gagal jantung kongestif yang parah.
2.      Sirosis hati
3.      Trombosis. Adanya bekuan darah di vena porta atau vena splenikus.
4.      Sarkoidosis.
5.      Schistomiasis.
6.      Sindrom Budd-Chiari.

Penyebab varises esofagus yang paling sering dijumpai adalah sirosis hati. Sirosis hati adalah penyakit yang ditandai dengan pembentukan jaringan parut di hati. Penyebabnya antara lain hepatitis B dan C, atau konsumsi alkohol dalam jumlah besar dan tersumbatnya saluran empedu.
Komplikasi utama  varises esofagus adalah perdarahan. Varises esofagus biasanya rentan terjadi perdarahan ulang, terutama dalam 48 jam pertama. Kemungkinan terjadi perdarahan ulang juga meningkat pada penderita usia tua, gagal hati atau ginjal, dan pada peminum alkohol.
Komplikasi varises esofagus adalah :
     Syok hipovolemik.
     Ensefalopati.
     Infeksi, misalnya pneumonia aspirasi.

Penatalaksanaan
Tujuan penatalaksanaan pada varises esofagus adalah mencegah atau mengatasi perdarahan. Untuk itu biasanya digunakan obat untuk menurunkan tekanan darah (beta bloker), termasuk tekanan darah di vena porta.
Perdarahan pada varises esofagus harus segera diatasi, jika tidak dapat terjadi kematian akibat syok karena perdarahan. Hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi perdarahan antara lain :
1.      Ligasi varises, yaitu dengan mengikat pembuluh darah yang sedang berdarah dengan pita         elastis.
2.  Terapi injeksi endoskopi, yaitu menyuntik pembuluh darah dengan larutan tertentu agar pembuluh darah tersebut berhenti berdarah.
3.      Pintasan portosistemik intrahepatik transjugularis.
  1.   Transplantasi hati.
By : Ayu Juni Antari .

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar